Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Wawako Mardison Mahyuddin sedang memasangkan tanda jabatan kepada Kepala Desa yang dilantik, di Aula Balai Kota, Senin 14 Maret 2022 (foto.dok.mcp)

Kota Pariaman – Walikota Pariaman Genius Umar mengambil sumpah dan melantik 18 Kepala Desa Terpilih Periode 2022-2028 pada  Pemilihan Serentak Se-Kota Pariaman Tahun 2022 di Aula Balaikota Pariaman, Senin (14/03)22).

“Pemerintah Desa merupakan bahagian dari Pemerintah Daerah. Kepala desa dipilih oleh rakyat sebagai kepala wilayah dan berkoordinasi dengan Camat dengan menjalankan janji kampaye ketika menjadi kepala desa serta menjalankan RPJMD Kota Pariaman.” ungkapnya ketika memberi arahan.

“Oleh karena itu, setelah dilantik ini, agar kepala desa membuat RPJMDes sesuai dengan visi dan misi ketika kampanye dulu. Hal itu, juga disesuaikan dengan RPJMD Kota Pariaman dan 19 Program Unggulan Kota Pariaman”, imbuhnya.

Sekarang, kata Genius Umar menambahkan, kita keterbatasan anggaran karena pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Pariaman banyak melakukan kegiatan dengan pola partisipasi masyarakat.

Menurut dia, dengan adanya kepala desa yang baru dari hasil pilihan dari rakyat, maka akan mampu lebih meningkatkan nilai partisipasi masyarakat baik membangun jalan dan berbagai infrastruktur di desa. Sehingga kelengkapan infrastruktur ini, akan cepat dirasakan masyarakat desa termasuk perekonomian Pemko Pariaman.

“Pemko Pariaman bersama DPRD dan Forkopimda secara bersama dalam melakukan pembangunan di tingkat kota dan desa dengan bhabinsa, bhabinkantibmas serta unsur lain yang ada di desa secara aktif ikut partisipasi membangun desa”,terangnya.

Lebih lanjut, Genius Umar menuturkan, kepala desa yang baru ini tidak semuanya berlatar belakang dari pemerintahan. Karena, mereka berasal dari berbagai latar belakang serta kepala desa yang lama terpilih kembali.

Untuk itu, diharapkan DPMDes melakukan pelatihan segera mungkin dan berkoordinasi dengan Kemendagri. Sehingga tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala desa serta berbagai regulasi, kiranya diikuti melalui pelatihan tersebut.

“Desa memiliki dana yang cukup banyak yakni Rp.1 M dari pemerintah pusat dan Rp.1 M dari Pemko Pariaman, berarti ada Rp.2 M. Dengan dana yang cukup banyak, sehingga berbagai regualasi ini harus dipahami oleh kepala desa yang perlu didampingi Kemendagri” jelasnya.

Genius Umar juga mengungkapkan kepada kepala desa memiliki tanggung jawab untuk memimpin pemerintahan dan masyarakat desa serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan kita bisa bekerjasama untuk membangun kota ini dengan semangat yang sama dan semangat yang kuat. Sehingga kota terbangun dengan baik dan kedepan Kota Pariaman akan menjadi lebih baik” pungkasnya mengakhiri.

Hadir juga dalam pelantikan ini, Wakil Walikota Mardison Mahyuddin, Ketua DPRD Fitri Nora, Forkopimda Kota Pariaman, Sekdako, Ketua TP PKK,  Wakil Ketua TP PKK dan seluruh OPD dilingkungan Pemko Pariaman. (mcp-045).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *