TNI.

JAKARTA – Dua upaya pembinaan dalam penyelenggaraan pertahanan keamanan negara. Pertahanan negara merupakan salah satu fungsi pemerintahan yang diselenggarakan melalui sistem pertahanan negara yang bersifat semesta dengan melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional serta sarana prasarana nasional dan dilaksanakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut.

Sebagai upaya dalam penyelenggaraan pertahanan keamanan negara perlu adanya kebijakan yang mengatur. Di mana, terdapat beberapa pembinaan yang menjadi salah satu upayanya, sebagaimana dikutip okezone.com.

Lantas, apa upaya pembinaan dalam pertahanan dan keamanan negara? Untuk mengetahui jawabannya simak ulasan berikut:

Dalam pembangunan postur pertahanan negara diarahkan untuk mewujudkan postur pertahanan militer dan pertahanan nirmiliter dengan prinsip defensif aktif dalam rangka mendukung Poros Maritim Dunia PMD. Dengan begitu upayanya, sebagai berikut:

Pembinaan Militer

Pembinaan kemampuan pertahanan militer diproyeksikan untuk menghadapi ancaman militer, non militer dan hibrida baik nyata maupun tidak nyata. Antara lain:

Kemampuan intelijen mencakup kemampuan dalam menghadapi sifat, dimensi, dan spektrum ancaman.

Kemampuan pertahanan dalam menghadapi ancaman baik nyata maupun belum nyata.

Kemampuan dukungan meliputi tugas perbantuan TNI dan tugas pemeliharaan perdamaian dunia.

Kemampuan pemberdayaan wilayah pertahanan dalam membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan guna melaksanakan Operasi Militer untuk Perang (OMP).

Kemampuan diplomasi dalam penyelesaian masalah keamanan internasional untuk membangun rasa saling pengertian (Confidence Building Measures/CBM), dan pembangunan kapasitas (capacity building).

Pembinaan Nirmiliter

Pembinaan kemampuan pertahanan nirmiliter meliputi kemampuan kewaspadaan dini, kemampuan bela negara, kemampuan diplomasi, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemampuan ekonomi, kemampuan sosial, kemampuan moral, dan kemampuan dukungan penyelenggaraan pertahanan negara.

Demikian 2 upaya pembinaan dalam penyelenggaraan pertahanan keamanan negara. Semoga bermanfaat! (*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *